Bookmark and Share

Tuesday, May 26, 2009

Menyembunyikan Navigation Bar Blogger

Tips ini sangat sederhana, tapi merupakan hal yang krusial. Bagaimana tidak penting, kalau anda lihat pada navigation bar terdapat sebuah button FLAG, yang fungsinya membaritahu pihak bloggers bahwa blog tersebut tidak layak untuk dipublikasikan (dengan berbagai alasan tentunya), dan apabila banyak sekali pengunjung ke blog itu yang menekan tombol FLAG tersebut (dengan catatan bukan dari satu pc atau satu IP yang sama), dijamin blog anda bakalan di blokir. Saya pernah mengalaminya ketika dalam posting blog terdahulu ada sangkut pautnya dengan SARA he..HE..... (SAYANG WAKTU ITU AKU BELUM TAU TRIK INI). Tapi navigation-bar ini dapat dengan mudah kita sembunyikan, hanya dengan menambahkan beberapa baris kode CSS. Terima kasih buat mba Amanda Fazani dan Bloggerbuster nya buat trik ini.

Untuk langkah pertama anda Login dulu ke Blogger, setelah masuk menu dasbor klik TATA LETAK >> EDIT HTML, pada kolom EDIT TEMPLATE cari kode dibawah ini:
]]></b:skin>

lalu tambahkan kode dibawah ini sebelum kode diatas :

#navbar-iframe {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none }


Klik Save Template, lalu cek hasilnya.

*Selalu backup template anda sebelum melakukan modifikasi



Monday, May 25, 2009

Menambahkan Sidebar Pada Blog

Semua template standar yang disediakan oleh blogger hanya menempatkan satu buah side-bar di kiri atau di sebelah kanan dari area utama (main wrapper/ area posting). hal ini tentu saja menjengkelkan karena dengan terpaksa kita hanya bisa menempatkan sedikit sekali widget di bagian yang sangat sering di lihat pengunjung (bagian atas atau awal dari blog)

Tapi ini semua bukan akhir dari segalanya, kita bisa menambahkan side-bar tambahan disebelah kanan atau kiri dari blog kita. saat ini layout yang sering dipakai oleh para blogger adalah menempatkan dua buah sidebar disebelah kanan blog. tapi pada dasarnya semua sama yaitu menambahkan sebuah sidebar baru pada plog kita (bahkan kita bisa menambahkan banyak side-bar pada blog kita tergantung selera kita).

Oke kita mulai saja bagaimana menambahkan sebuah side-bar. pada tutorial ini dicontohkan hanya menambahkan satu side-bar baru, anda bebas menambahkan jumlah side-bar baru dengan meng-kustom kode tutorial dibawah. tutorial ini menggunakan template dengan side-bar default berada disebelah kanan.

Pertama anda login dulu ke blogger. Setelah masuk ke menu dasbor, klik TATA LETAK>>Edit HTML lalu pada EDIT TEMPLATE cari kode dibawah ini :

#header-wrapper {
width:940px;
margin:0 auto 10px;
border:1px solid $bordercolor;
}


* teks yang di beri warna merah rubah oleh anda, saya rekomendasikan nilainya 940px; nilai ini merupakan nilai lebar dari area header. lalu cari kode dibawah ini

#header .description {
margin:0 5px 5px;
padding:0 20px 15px;
max-width:940px;
text-transform:uppercase;
letter-spacing:.2em;
line-height: 1.4em;
font: $descriptionfont;
color: $descriptioncolor;
}

* teks yang di beri warna merah rubah oleh anda, saya rekomendasikan nilainya 940px; atau samakan dengan nilai lebar header. nilai ini merupakan nilai lebar dari area deskripsi header. lalu cari kode dibawah ini

#outer-wrapper {
width: 940px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:$startSide;
font: $bodyfont;
}


* teks yang di beri warna merah rubah oleh anda, saya rekomendasikan nilainya 940px; atau samakan dengan nilai lebar header. nilai ini merupakan nilai lebar dari area outer. lalu cari kode dibawah ini

#main-wrapper {
width: 460px;
float: $startSide;
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}


Nah nilai yang diberi warna merah merupakan nilai lebar untuk area posting, rubah oleh anda berdasarkan pembagian area di blog. Begini; apabila anda menambahkan sebuah side-bar tentu saja berarti blog anda di bagi menjadi 3 kolom, yaitu side-bar-1(sidebar default), main-wrapper (area dimana posting ditampilkan), dan side bar 2 (yang anda akan tambahkan). apabila anda ingin menyamakan semua lebar dari ketiga area tersebut maka setiap area diberi nilai 940 (nilai dari outer-wrapper) / 3 = 313px, tapi tentu saja anda bebas menentukan sendiri lebarnya! dan hal yang perlu diperhatikan area main-wrapper ini haruslah lebih besar dari area side-bar, karena area ini dimana posting ditampilkan, tapi tetap patokan untuk menentukan lebar dari ketiga area ini adalah semua nilai lebar dari ketiga area ini bila dijumlahkan sama dengan nilai lebar outer-wrapper. selanjutnya cari kode dibawah ini:

#sidebar-wrapper {
width: 220px;
float: right;
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}


Nilai yang diberi warna merah merupakan nilai lebar untuk area side-bar (side-bar yang sudah ada secara default), beri/ rubah nilai sidebar ini berdasarkan keinginan anda. setelah itu tambahkan kode dibawah ini tepat dibawah kode diatas.

#newsidebar-wrapper {
width: 220px;
float: $startSide;
padding-right:10px;
word-wrap: break-word;
overflow: hidden;
}


apabila anda ingin menambahkan dua buah side-bar baru maka kode diatas digandakan, contoh menambahkan 2 buah sise-bar

#newsidebar-wrapper1 {
width: 100px;
float: $startSide;
padding-right:10px;
word-wrap: break-word;
overflow: hidden;
}
#newsidebar-wrapper2{
width: 100px;
float: $startSide;
padding-right:10px;
word-wrap: break-word;
overflow: hidden;
}


Dengan kode diatas maka pada blog anda akan terdapat 3 side-bar.

lalu cari kode dibawah ini

#footer {
width:900px;
clear:both;
margin:0 auto;
padding-top:15px;
line-height: 1.6em;
text-transform:uppercase;
letter-spacing:.1em;
text-align: center;
background-color:#000000;
border:2px solid #ffffff;
}


Nilai yang diberi warna merah merupakan nilai lebar untuk area footer samakan nilainya dengan nilai outer-wrapper

Sekarang bagaimana menempatkan side-bar baru, apabila anda ingin menempatkan side-bar baru berdampingan dengan side-bar lama (yang telah ada) atau disebelah kanan dari blog anda. maka cari kode dibawah ini

<div id='main-wrapper'>
<b:section class='main' id='main' showaddelement='no'>
<b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>
</b:section>
</div>


lalu copy kode dibawah tepat sesudah kode diatas.

<div id='newsidebar-wrapper'>
<b:section class='sidebar' id='newsidebar' preferred='yes'>
</b:section>
</div>


contoh:

<div id='main-wrapper'>
<b:section class='main' id='main' showaddelement='no'>
<b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>
</b:section>
</div>
<div id='newsidebar-wrapper'>
<b:section class='sidebar' id='newsidebar' preferred='yes'>
</b:section>
</div>


Apabila anda menambahkan dua buah side bar baru maka gandakan kode diatas, contoh

<div id='newsidebar-wrapper1'>
<b:section class='sidebar' id='newsidebar1' preferred='yes'>
</b:section>
</div>
<div id='newsidebar-wrapper2'>
<b:section class='sidebar' id='newsidebar2' preferred='yes'>
</b:section>
</div>


Sedangaka apabila anda ingin menempatkan side-bar baru disebelah kiri dari area main-wrapper maka tempatkan kode diatas tadi tepat sebelum kode diatas. contoh

<div id='newsidebar-wrapper'>
<b:section class='sidebar' id='newsidebar' preferred='yes'>
</b:section>
</div>
<div id='main-wrapper'>
<b:section class='main' id='main' showaddelement='no'>
<b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>
</b:section>
</div>

Lalu Save Template, dan cek hasilnya di menu tabulasi TATA LETAK . lihat hasilnya biasanya anda harus merubah-rubah lagi settingan dari nilai-nilai lebar dari area-area pada blog (area header-wrapper, main-wrapper, footer, dll) agar semuanya pas dan sesuai dengan keinginan anda



Monday, May 18, 2009

Mempartisi Area Footer Menjadi Beberapa Kolom

Anda pasti pernah melihat dimana sebuah blog yang pada area footernya dibagi menjadi beberapa kolom . Sebenarnya membagi atau mempartisi sebuah area pada blog tidaklah terlalu sulit bahkan untuk orang awam sekalipun. Nah pada posting saya akan memberikan tutorialnya kepada anda.

Sebelum anda memulainya back up dulu tamplate anda, dan baca posting sampai akhir untuk mengindari kesalahan. Juga pindahkan semua Widget yang berada di area footer ke area side bar.

Pertama anda login dulu ke blogger. Setelah masuk ke menu dasbor, klik TATA LETAK>>Edit HTML lalu pada EDIT TEMPLATE cari kode dibawah ini:

<div id='footer-wrapper'>
<b:section class='footer' id='footer'/>
</div>


Lalu ganti seluruh kode diatas dengan kode dibawah ini:

<div id='footer'>
<div id='footer1' style='width: 30%; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col1' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>
<div id='footer2' style='width: 40%; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col2' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>
<div id='footer3' style='width: 30%; float: right; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col3' preferred='yes' style='float:right;'/>
</div>
<div style='clear:both;'/>
<div id='footer-bottom' style='text-align: center; padding: 10px;'>
<b:section class='footer' id='col-bottom' preferred='yes'>
</b:section>
</div>
<div style='clear:both;'/>
</div>


Tapi anda tidak harus meng-copy semuanya, anda bisa merubahnya tergantung keinginan anda dan kondisi layout blog anda (karena pada contoh diatas footer dibagi menjadi 3 kolom). Nah mana-mana saja yang bisa anda rubah:

Pertama adalah jumlah kolom yang ingin ditambahkan. Bila anda perhatikan pada koding diatas terdapat 3 buah skup (lingkup area) kode yang sama, yang membedakan hanya id nya saja (footer1, footer2, footer3 juga col1, col2, dan col3). Nah satu skup tersebut merupakan satu area kolom yang ditambahkan pada area footer. lihat kode dibawah untuk contoh satu skup/area kolom

<div id='footer'>
<div id='footer1' style='width: 50%; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col1' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>

Sebagai contoh apabila anda ingin membagi 4 kolom maka terdapat empat buah kode diatas. Dan kodingnya akan seperti dibawah ini:

<div id='footer'>
<div id='footer1' style='width: 25%; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col1' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>
<div id='footer'>
<div id='footer2' style='width: 25%; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col2' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>
<div id='footer'>
<div id='footer3' style='width: 25%; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col3' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>
<div id='footer'>
<div id='footer4' style='width: 25%; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col4' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>
<div style='clear:both;'/>
<div id='footer-bottom' style='text-align: center; padding: 10px;'>
<b:section class='footer' id='col-bottom' preferred='yes'>
</b:section>
</div>
<div style='clear:both;'/>
</div>


Yang kedua adalah lebar tiap kolom, lihat kode diatas terdapat kode width: 50%;, nah value atau nilai ini bisa dirubah. sebagai contoh bila anda membagi footer menjadi 4 kolom, maka nilai atau value pada tiap skup atau area koding kolom adalah 25%, atau bisa juga menggunakan satuan pixel. contohnya apabila area footer blog anda adalah 600px, dan anda ingin membaginya menjadi 2 kolom maka nilai width pada tiap skup/area kode kolom adalah width=300px;. lihat kode dibawah:

<div id='footer'>
<div id='footer1' style='width: 300px; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col1' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>
<div id='footer'>
<div id='footer2' style='width: 300px; float: left; margin:0; text-align: left;'>
<b:section class='footer-column' id='col2' preferred='yes' style='float:left;'/>
</div>
<div style='clear:both;'/>
<div id='footer-bottom' style='text-align: center; padding: 10px;'>
<b:section class='footer' id='col-bottom' preferred='yes'>
</b:section>
</div>
<div style='clear:both;'/>
</div>


Setelah selesai klik SAVE TEMPLATE. lalu lihat hasilya

Pada percobaan pertama saya dalam menambahkan tips koding ini, layout footer saya berantakan. bila anda mengalaminya coba modifikasi lagi kode diatas, biasanya masalah berasal dari pengisian nilai lebar kolom (width) yang kurang atau lebih.
Anda juga bisa menambahkan variabel-variabel (Warna area, border, dll) lain untuk memodifikasi are footer ini agar tampilanya lebih bagus.




Saturday, May 16, 2009

Mengatasi Duplikasi Meta-tag dan Title

Apabila pada blog anda disisipkan meta tag dengan hanya menyertakan koding seperti dibawah ini

<meta content='DESCRIPTION HERE' name='description'/>
<meta content='KEYWORDS HERE' name='keywords'/>
<meta content='AUTHOR NAME HERE' name='author'/>


Mungkin anda sebagai pemula anda akan bertanya betapa lamanya blog anda terindeks di mesin pencari (google), padahal anda telah menyisipkan meta tag yang notabene suatu syarat agar blog anda terindeks dengan cepat, dan lebih friendly dengan mesin pencari.
Faktanya, apabila anda mendaftarkan blog anda pada WEBMASTER TOOL'nya google, anda akan mendapatkan sebuah notifikasi atau peringatan bahwa di blog anda terdapat duplikasi meta-tag dan title. kenapa ini bisa terjadi? setelah saya mencari kesana sini, ternyata hal ini disebabkan pemakaian satu meta-tag dan title(yang anda sisipkan dan modifikasi tentunya) untuk semua alamat posting, makanya robot mesin pencari mengidintifikasi bahwa terdapat duplikasi meta-tag dan title. Dikarenakan duplikasi meta-tag seperti ini dianggap sebuah tindakan offensive dan ilegal, maka mesin pencari akan lama sekali mengindeks halaman-halaman posting blog anda, dan robot mesin pencari akan jarang sekali berkunjung ke blog anda, alhasil blog anda akan terjerembab di dasar daftar mesin pencari.

untuk mengatasi permasalaha tersebut, pertama anda log in dulu ke blogger, setelah masuk ke menu dasbor klik TATA LETAK>>Edit HTML lalu pada EDIT TEMPLATE cari code meta-tag yang dulu anda sisipkan, dan tambahkan kode dibawah ini sebelum kode meta-tag

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
dan tambahkan kode dibawah ini setelah kode meta tag
</b:if>

contoh:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='DESCRIPTION HERE' name='description'/>
<meta content='KEYWORDS HERE' name='keywords'/>
<meta content='AUTHOR NAME HERE' name='author'/>
</b:if>


nah setelah selesai cari code dibawah ini:

<a expr:href='data:comment.url' title='comment permalink'>
<data:comment.timestamp/>
</a>


dan ganti seluruh kode diatas dengan kode dibawah ini.

<b:if cond='data:post.commentPagingRequired'>
<a expr:href='data:comment.url' title='comment permalink'> <data.comment.timestamp/> </a>
<b:else/>
<a expr:href='data:blog.url + "#" + data:comment.anchorName' title='comment permalink'> <data:comment.timestamp/> </a>
</b:if>


lalu klik SAVE TEMPLATE. Dalam beberapa hari anda akan bisa melihat perubahannya terutama jumlah halaman posting anda yang terindeks di mesin pencari. anda juga akan melihat perubahan tampilan pada hasil pencarian mesin pencari terhadap blog anda.




Monday, May 11, 2009

Mengganti Icon Blog di Blogger

Bagi anda para blogger, mungkin suatu saat anda merasa bosan dengan icon blogger yang selalu muncul di blog anda, dan anda ingin merubahnya! selain untuk menghilangkan rasa bosan, penggantian icon ini akan membedakan blog anda dengan blog orang lain. dan apabila icon anda sangat unik, bisa saja icon ini menjadi ciri khas dari blog anda. sebenarnya tips ini hanya tips lama, tapi bagi anda yang mungkin belum mengetahui cara merubah icon ini, saya akan memberikan caranya selangkah demi selangkah.


persiapkan sebuah image dengan ukuran yang direkomendasikan untuk icon yaitu 22x22 pixel atau 32x32 pixel (format direkomendasikan .gif), lalu upload ke album web online misal Album Web picasa. Setelah diupload copy alamat lokasi image tersebut(klik kanan>>properties di image tersebut). Anda juga bisa mengambil icon dari website lain! coba saja googling image dengan filter ukuran image kecil. lalu copy alamat lokasi dengan cara mengklik kanan image yang dikehendaki.


Setelah image telah sukses diupload, atau anda telah selesai googling image dan telah meng-copy alamat lokasi image tersebut, lalu anda sign in ke blogger! setelah anda masuk ke menu dasbor, lalu klik tab Tata Letak>>Edit HTML


Pada kolom Edit Template, Cari Kode ini:

<b:skin><![CDATA[/*


Nah Lalu Copy Paste Code dibawah ini tepat sebelum kode diatas

<link href='url image' rel='SHORTCUT ICON'/>


Untuk url image isikan alamat url dari icon yang anda inginkan (alamat lokasi yang tadi anda copy), misal icon yang ingin anda jadikan icon blog anda alamatnya; http://tbn2.google.com/blogger-logo-full.jpg

maka kode yang disisipkan adalah

<link href='http://tbn2.google.com/blogger-logo-full.jpg' rel='SHORTCUT ICON'/>




setelah itu klik SAVE TEMPLATE. lalu lihat blog anda!
Oh iya anda bisa menggunakan icon bergerak/ animasi untuk blog anda(format .gif)

Thanks to http://trick-blog.blogspot.com/




Saturday, May 9, 2009

Menampilkan baris kode di teks area posting

Pernahkah anda mengalami kesulitan ketika memposting sebuah artikel tutorial yang pada artikel tutorial itu menyertakan teks baris kode HTML untuk ditampilkan. Bukanya ditampilkan tapi malah baris kode tersebut menghilang ketika post tersebut dipublikasikan. Kalau anda familiar dengan bahasa pemrograman web anda pasti tahu kenapa hal ini bisa terjadi!!! Ya betul, baris kode tersebut saat dieksekusi tidak dianggap sebagai teks biasa atau istilah dalam bahasa pemrograman disebut string, tetapi dianggap sebagai kode baris perintah.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut kita hanya perlu mengganti karakter < dan > dengan karakter pengganti. Intinya adalah seperti ini:

  1. Ganti karakter < dengan &lt;
  2. Ganti karakter > dengan &gt;

Contoh:

<title> <data:blog.pageTitle/> </title>

diganti dengan

&lt;title&gt;&lt;data:blog.pageTitle/&gt;&lt;/title&gt;






Friday, May 8, 2009

Menyisipkan meta tag pada blog di blogger

Meta tag adalah elemen HTML atau XHTML yang digunakan untuk memberikan struktur metadata sebuah halaman web. Elemen seperti itu harus ditempatkan diantara bagian tag head atau judul dari sebuah dokumen HTML atau XHTML. Elemen meta tag ini digunakan untuk menentukan deskripsi halaman, kata kunci dan lain lain.

Kecuali kita memang tidak punya kepentingan atau keinginan untuk mencapai rangking teratas di mesin pencari, maka tidak soal apabila meta tag ini tidak disisipkan pada halaman anda, tapi apabila pringkat di mesin pencari adalah penting bagi anda dengan berbagai alasan maka penyisipan meta tag ini diwajibkan, karena peran dari tag kata kunci (keyword) benar-benar bermain penting karena algoritma dari mesin pencari dalam mengindex hasil pencarian tergantung dari tag ini.

Tapi seperti yang kita ketahui, secara default meta tag seperti tag deskripsi, tag keyword, dll tidak ditambahkan pada template di blog blogger. Padahal meta tag ini suatu hal yang penting ada pada blog atau situs.
Tapi hal ini tidaklah tidak mungkin dilakukan. Untuk menyisipkan meta tag anda harus sign ini dulu. Setelah anda masuk klik tab TATA LETAK>>EDIT HTML

Tab Edit HTML
Pada bagian edit tamplate cari code ini:

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>


lalu sisipkan code dibawah ini setelah code diatas:

<meta content='Deskripsi' name='description'/>
<meta content='Keyword disini' name='keywords'/>
<meta content='Nama Pemilik Blog disini' name='author'/>


Contoh Penyisipan Meta tag
Contoh:

<meta content='blognya firman' name='description'/>
<meta content='blog, firman, seo' name='keywords'/>
<meta content='Firman The Newbie' name='author'/>


Lalu klik tombol SAVE TEMPLATE. Sekarang blog anda telah disispkan meta tag. Selamat mencoba............

Untuk pemilihan keyword coba googling tentang pemilihan keyword yang tepat dan googling juga tentang apa itu NICHE, anda harus tahu tentang NICHE dulu sebelum tahu keyword apa yang tepat bagi blog anda. atau gunakan aplikasi online META TAG ANALYZER untuk menentukanya.






Thursday, May 7, 2009

Menukar posisi tag judul konten dan tag judul blog

Judul Tag merupakan teks yang ditampilkan dalam panel bagian atas jendela browser. Ia adalah salah satu bagian penting dari halaman web. Keterkaitan antara title tag dengan mesin pencari(search engine) adalah; dikarenakan mesin pencarian menetapkan kata-kata dalam judul tag pada hasil pencarian, sehingga judul tag yang penting atau memiliki nilai bobot yang tinggi akan ditampilkan paling awal.

Ini adalah title tag
Nah permasalahan yang muncul adalah; untuk blog secara default posisi tag judul blog berada didepan tag judul. Lihat gambar.

Contoh Title tag default
Menuruk artikel-artikel yang saya baca kondisi seperti itu merugikan blog situs/ blog kita pada saat pencarian oleh mesin pencari. Untuk itu direkomendasikan tag judul konten berada didepan tag title blog. Sebagai contoh lihat gambar.

Contoh Title tag custom
untuk menukar posisi title tag tersebut lakukan langkah berikut. Setelah anda sign in ke blogger.com klik tab tata letak>>edit html

Edit Code Di tab ini

Pada bagian edit tamplate cari code ini:

<title><data:blog.title/></title>


lalu ganti code tersebut dengan code berikut ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title> <data:blog.pageName/> - <data:blog.title/> </title>
<b:else/>
<title> <data:blog.pageTitle/> </title>
</b:if>


Setelah selesai klik save template. dan cek.....





Wednesday, May 6, 2009

Tips Meningkatkan Meningkatkan Traffik

Increase Traffic To Your Blog
Artikel ini berdasarkan artikel How to Build a High-Traffic Web Site (or Blog) dari Steve Pavalina.com
Yang saya suka dari artikel ini adalah secara konsisten apa yang di tulis di terapkan juga secara nyata oleh Mr. Steve Pavalina sehingga meraih rangking pertama di google.
Berikut adalah tips untuk membangun traffic di situs web anda menurut steve pavalina + penyederhanaan dan tambahan-tambahan oleh saya sendiri

1. Buat konten yang berharga.

Apakah konten Anda layak dibaca oleh jutaan orang? Ingat bahwa tujuan konten adalah untuk menyediakan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain. Apakah anda memberikan konten bermanfaat, dan terbaik yang mampu anda buat?
Bayangkan diri anda sedang berdiri di panggung konser dan di lihat oleh jutaan orang. Kemudian tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang harus anda katakan kepada jutaan orang ini?"
Kalau anda sering ke acara konser atau pensi dan semacamnya ada pasti pernah melihat dimana artis atau band di lempari atau diteriaki WHOOO karena para penonton tidak puas, dan akhirnya mereka pulang lebih awal dari rencana. Sebaliknya apabila sang artis atau band memberikan kepuasan kepada penonton, bahkan apabila sang artis atau band itu memberikan sesuatu yang lebih yang membuat jutaan penonton merasa ketagihan untuk melakukan hal itu maka apabila sang artis atau band melakukan konser dimana saja maka tidak mungkin penonton-penonton itu akan pergi lagi ke acara konser band atau artis tersebut.
Anda pernah mengunjungi situs atau blog yang didalamnya memuat trik bagaimana caranya agar anda bisa ber-GPRS, tanpa pulsa anda tersedot sedikitpun? Kalau anda pernah anda pasti tahu bagai mana selalu banyaknya pengunjung ke situs-situs tersebut walaupun layout-nya berantakan dan bikin pusing. Mengapa bisa? karena trik-trik tersebut merupakan konten yang sangat berharga (walaupun hal ini sebenarnya sebuah aksi ilegal)! Makanya hal ini terus dicari, dan para pengunjung secara rutin mengunjungi situs-situs tersebut.
Selain itu pikirkan juga efek dari tulisan anda ada pada manusia (psikologi manusia). Sebagai contoh saya menulis bisnis online di internet, maka saya menulis artikel-artikel untuk memberikan semangat kepada masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan, dan merasa frustasi karena sampai saat ini belum memiliki pekerjaan. Saya ingin orang berpikir, untuk meningkatkan kesadaran mereka, dan untuk membantu mereka menghilangkan rasa stress, frustasi, dan pesimis. Jika apa yang saya tulis tidak mengubah orang menjadi berpikir, bertindak, atau menjadi sadar, maka nilai-nilai yang disisipkan pada artikel atau tulisan yang saya buat tidak cukup baik.
Sebuah konten yang kuat haruslah bernilai universal dan berkualitas. Ingat kualitas lebih penting daripada kuantitas. Namun lebih mudah menggunakan strategi kuantitas tanpa kualitas, makanya banyak orang yang menggunakan strategi ini, (membuat puluhan atau ratusan posting baru perminggu yang isinya hanya sampah tapi menyisipkan banyak keyword, description, tag-tag dan lainya, hal ini dilakukan untuk meningkatakan SEO/ search engine optimazion dan meningkatkan ranking di search engine terutama di google). Namun, situs di internet dengan strategi kuantitas dapat menyerap banyak pengunjung (hal ini terjadi dikarenakan dia berada pada top rangking di tiap search engine), tetapi akan selalu ada tempat untuk konten berkualitas diluar dominasi lingkaran situs-situs berstrategikan kuantitas.

2. Buat konten asli/ original.

Butuh usaha lebih menghasilkan konten asli (bukan kutipan atau plagiat), tapi ini merupakan pilihan strategi jangka panjang. Kita harus berfikir situs yang anda kelola menjadi tujuan akhir, bukan tengkulak/ distributor (persimpangan sementara sebelum pengunjung akhirnya berkunjung ke situs akhir yang menciptakan posting asli dari konten tersebut).
Sebagai contoh kita membuat post menyangkut sebuah produk, dan menyalin sebagian dari deskripsi tentang produk tersebut (hal ini pernah saya lakukan). Tapi apa yang terjadi, namanya juga nyontek, kebanyakan pengunjung tidak puas dan tidak tertarik akan konten tersebut, walaupun pengunjung tersebut tertarik akan produk tersebut, maka ia akan mencari situs lain yang berkaitan dengan produk tersebut. Dan ingat dengan hal ini sampai kapanpun anda akan kalah rangking di search engine oleh situs yang memposting produk tersebut (yang notabene merupakan sumber contekan kita atau situs yang terlebih dulu mencontek)
Apabila anda membuat posting asli/ original dan mereka akhirnya tertarik akan artikel tersebut, yang terjadi adalah meraka tak ke mana-mana untuk sementara waktu (tidak melakukan klik link lain atau aktifitas lainya yang membuat situs anda di abaikan) dikarenakan mereka akan membaca lebih serius lagi terhadap posting yang kita buat (seperti anda saat ini sedang membaca posting ini, saya yakin anda tidak melakukan aktifitas lain selain membaca post ini dikarenakan teks ini berada di tengah-tengah posting yang lumayan panjang, butuh waktu untuk seseorang sampai membaca pada teks ini). Keuntungan lainya adalah pengunjung akan mengunjungi mengunjungi artikel ini lagi dikarenakan banyak hal (belum tuntas membaca artikel ini, atau jaringan internet terputus sebelumnya).

3. Buat konten abadi.

Alangkah bagusnya apabila apapun yang kita tulis ini masih dapat dibaca oleh orang bahkan setelah kita mati.
Sebagai contoh, seperti yang telah dicontohkan diatas tentang situs atau blog yang memuat trik GPRS gratis, suatu saat konten yang memuat hal tersebut akan mati dan di tinggalkan oleh pengunjung setianya, dikarenakan trik tersebut apabila sudah diketahui oleh pihak provider, dan pihak provider telah berhasil mengatasi bugs/ masalah tersebut otomatis konten terebut akan mati! karena sudah tidak berguna. Walaupun si pengelola akan memposting konten mengenai trik yang baru yang masih bisa digunakan, tapi tetap konten lama yang oleh provider telah berhasil diatasi bugs/ masalah tersebut, tidak bisa terselamatkan.
Akankah konten yang anda buat hari ini masih dapat memberikan manfaat di tahun berikutnya tanpa batasan waktu (tidak lekang oleh waktu)?

4. Menulis untuk manusia pertama, kedua komputer.

Banyak artikel ditulis tentang strategi yang optimal untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari dengan cara frekuensi konten posting yang sangat panjang. Tetapi menurut Steve Pavalina situsnya menjadi besar karena mengabaikan nasihat-nasihat tersebut.
Apakah anda pernah melihat sebuah konten di situs atau blog yang terus menerus menuliskan sebuah kata? Sudah dapat ditebak artikel ini artikel dengan konten sampah. Kata –kata yang diulang tersebut adalah keyword, keyword ini diulang-ulang agar bisa dikenali dan terkenal di mesin pencari (kalau tidak salah hal ini menyangkut kecocokan antara meta keyword, dan keyword konten). Nah anda pasti bisa menebak konten ini ditulis dan dipostingkan bukan untuk dibaca manusia tapi untuk para alien hahahahaha (sory bercanda, bukan alien tapi sebenarnya untuk mengakali robot mesin pencari).
Sebaiknya kita menulis ketika kita telah menemukan sesuatu yang berarti yang layak untuk kita posting di situs kita. Post artikel sebanyak yang diperlukan. Kita tidak harus menetapkan kuota (seperti yang direkomndasikan beberapa situs bahwa minimal kita harus memposting 20 artikel per minggu, gila aja mereka emangnya kita pemilik surat kabar yang punya banyak reporter dan redaksi), kalau saran ini dilakukan coba kita hitung berarti perbulan kita memposting sebanyak 20 x 4 = 80, dan setahun berarti 80 x 12 = 916, gila bukan bayangkan saja nantinya blog kita layoutnya sangat berantakan karena terlalu banyak link posting yang kita buat, dan ingat dengan target tersebut anda pasti asal saja menulis artikel, yang penting target terpenuhi. Standar dari entri blog yang disarankan adalah 1500-2000 kata, dan beberapa entri yang lebih panjang (seperti artikel ini) yang memuat konten lebih banyak. Banyak blogger sukses akan merekomendasikan untuk menulis entri singkat (250-750 kata) dan memposting artikel sesering mungkin (20x per minggu), karena lebih banyak artikel di posting membuat mesin pencari lebih mengenal blog tersebut (dikarenakan apa yang disebut dengan indexing page/ halaman kita yang sudah terdaftar di mesin pencari), tapi abaikan saja nasihat mereka. Untuk melakukan strategi-strategi tersebut maka akan banyak mengganggu strategi tentang nilai asli dan membuat konten abadi yang telah dijelaskan diatas.
Tapi anda akan merasa kecewa terlebih dahulu apabila anda secara konsisten menggunakan trik-trik ini, karena, traffic di mesin pencari akan cukup rendah dibandingkan dengan blogger lainnya. Google adalah referal no.1 bagi kita untuk bisa meningkatkan traffic. Tetapi saya mencatat kontribusinya bagi blog hanya 1,5% dari total traffic, seperti anda tahu saya menerapkan strategi original dan konten yang abadi. Sebagian besar traffic blog ini berasal dari ribuan link di website lain (backlink, sederhananya blog kita mempunyai pintu masuk di ribuan website lain sehingga banyak pengunjung blog ini berasal dari website lain) dan permintaan langsung (langsung mengetikan alamat blog ini). Akhirnya situs atau blog anda akan tumbuh karena banyak orang lain berbicara tentang situs ini dan merekomendasikanya, baik secara online atau offline, salah satunya melaui situs sosial bookmark seperti del.icio.us, digg.com, dan reddit.com yang memberikan komentar dan rekomendasi pribadi mengenai sebuah blog/ situs.

5. Ketahuilah mengapa anda ingin situs anda memiliki traffic yang tinggi.

Saya menulis karena tujuan saya adalah untuk membantu masyarakat menjadi sadar bahwa walaupun anda tidak mempunyai pekerjaan, skill anda rendah, dan selalu gagal dalam berbisnis anda tetap bisa memulai suatu bisnis yang bisa dijadikan sebagai penopang hidup secara finansial. Saya tidak memiliki pekerjaan atau karier selain ini. Karena saya bekerja digerakkan oleh tujuan ini. Makanya secara konsisten saya membaca banyak literatur yang berkaitan dengan bisnis internet, mencobanya, mereviewnya untuk anda para pengangguran yang putus asa (maaf bila saya berlebihan tapi saya sempat mengalaminya). Dan memberikan semua itu tanpa mengharapkan imbalan apapun dari anda.
Saya membaca dan menelaah inti dari tips ke 5 ini berulang-ulang (mulanya saya kesulitan untuk memahami apa yang ingin disampaikan oleh Mr. Steve Pavalina di tips ke-5 ini), intinya seperti ini, saat situs kita telah mencapai traffic yang tinggi bahkan mencapai top rank di mesin pencari (dengan ini kita mempunya modal untuk mempengaruhi jutaan orang di dunia)!, kita akan dihadapkan pada 2 kondisi, kondisi yang pertama adalah kita memanfaatkan ketenaran situs kita untuk hal lain yang dimotivasi oleh keinginan selain motifasi awal kita membangun situs. Atau tetap konsisten pada motifasi awal.
Sebagai contoh setelah situs kita mencapai traffic yang tinggi lalu kita tergiur untuk memanfaatkanya untuk mempromosikan banyak produk, dengan memposting artikel diluar tema awal, menambahkan banyak iklan (sehingga membuat waktu load ke situs kita lebih lama dari biasanya), dan lainya yang mungkin akan menghancurkan reputasi situs yang telah dibangun dan terkenal akan motivasi awal.
Jadi apa motivasi anda untuk terus membangun traffic di situs anda?

6. Biarkan audiens melihat nyata Anda.

Bila memungkinkan posting beberapa konten tentang cerita pribadi di situs ini, termasuk pengalaman yang paling menyakitkan dan sulit. Tapi hal ini jangan dijadikan seperti curhatan pribadi anak abg yang menulis cerita-cerita pribadinya di diary. Konten yang dimaksud adalah dibuat untuk memberikan pengalaman kepada orang lain bahwa disaat anda mengalami keterpurukan sekalipun anda tetap bisa survive, dan jadikan diri anda inspirasi bagi orang lain.
Dengan anda memposting konten tentang diri anda, maka tidak mungkin orang lain juga akan mengirimkan kepada anda cerita tentang diri mereka. Apabila hal ini terjadi balas dengan memposting pengalaman mereka di situs kita (apabila anda anggap ceritanya sangat membangun dan menginspirasi banyak orang, tentunya dengan permintaan izin terlebih dahulu).
Inti dari semua ini adalah membangun komunikasi dan hubungan personal antara anda sebagai pengelola situs dan pengunjung sebagai audience. Buat agar situs anda menjadi teman dan rekan bagi para pengunjung, sehingga hilang perasaan bahwa mereka hanya membuka sebuah lembaran data di mesin yang bukan makhluk hidup. Jadikan situs anda seperti hidup dan para pengunjung menganggap anda eksis (bukan seseorang misterius yang memakai topeng yang tidak lebih dari sebuah mesin mati).

7. Menulis apa yang anda yakin benar dan kuasai.

Dengan mengambil tema bisnis internet (sebagai contoh), saya menulis hanya konten bertemakan bisnis yang saya kuasai, dan apabila menulis diluar tema tersebut, kontenya saya yakini bahwa itu benar. Jadi disini anda dituntut untuk jujur. Tetapi semua terserah anda, karena mungkin saja dengan anda menulis beberapa artikel bohong semacam gosip, dan sesuatu hal yang kontrofersial (seperti yang disarankan oleh beberapa blogger sukses yang rada nyeleneh dalam meningkatkan rating situs mereka) situs anda bisa mendadak jadi terkenal. Tapi ingat dengan kejujuran konten anda akan bertahan lama..........
Jangan takut menuangkan persepsi, pendapat atau, pandangan anda terhadap suatu hal, walaupun itu tidak sama dengan kebanyakan orang. Yang terpenting itu jujur dan keluar dari pemikiran anda sendiri (walaupun mungkin akan banyak orang yang akan membenci anda)
Banyak yang menulis mengenai pentingnya transparansi dalam blogging, dan kebenaran adalah yang terbaik dari semua transparansi. Kebenaran menciptakan kepercayaan. Bahkan orang-orang berkata bahwa mereka membenci anda akan tetap kembali, dan akhirnya orang-orang akan menjadi pendukung anda. Bahkan jika mereka tidak setuju dengan Anda, mereka akan percaya bahwa anda mempunyai tujuan yang mulia, dan kepercayaan adalah lebih penting daripada perjanjian.