Bookmark and Share

Sunday, June 14, 2009

Menjaring Traffic Melalui Social Bookmarking

Hampir semua webmaster pasti merekomendasikan social bookmarking sebagai tempat untuk manjaring traffic ke blog atau website kita. saya sendiri sangat setuju dengan hal ini, beberapa pengunjung blog ini berasal dari beberapa social bookmarking yang saya ikuti seperti twitter, face book, delicious, dan stumbleuppon.


Lalu dari mana traffic kita dapat melalui social bookmarking ini????? jawabanya adalah dari anggota/ user lain social bookmarking tertentu berkunjung ke halaman profil kita, Apabila dihalaman profil kita terdapat link-link atau tautan url yang kita bookmark, lalu user lain itu mengklik dan akhirnya berkunjung ke blog kita! untuk itu hal pertama yang anda harus lakukan ketika pertama kali setelah anda bergabung kesalah satu social bookmarking adalah menandai/ bookmarking halaman atau url situs atau blog kita dan usahaakan memberikan deskripsi yang sangat menarik perhatian orang banyak.

Lalu apakah dengan cara diatas saja sudah cukup????? tentu saja tidak, hal lain yang anda harus lakukan untuk menjaring traffic ke blog kita adalah berkunjung juga ke user lain, melakukan pertemanan dengan cara add friend atau semacamnya, kunjungi blog-blog atau situs user lain, beri komentar, kirim pesan (malahan banyak user yang menggunakan strategi kirim pesan ke banyak user untuk mengajak user lain berkunjung ke blognya), dan beri rating terhadap blog user lain(bila terdapat fungsi rating). hal ini perlu dilakukan karena biasanya user lain akan melakukan balas jasa terhadap apa yang anda lakukan. misalnya anda berkunjung ke blog user lain maka user lain itu akan membalas kunjungan ke blog anda!

selain itu anda direkomendasikan bergabung ke grup-grup yang memiliki anggota yang banyak, dan ikut dalam diskusi-diskusi yang ada di dalam grup tersebut.

sebenarnya masih banyak lagi strategi lain untuk menjaring traffic lewat social bookmarking ini, bahkan anda mungkin akan menemukan strategi baru! untuk itu eksplorasi semua fungsi yang tersedia pada sebuah web social bookmarking, semakin lama anda belajar semakin banyak strategi dan fungsi baru yang akan anda temukan.

Dibawah ini adalah alamat social bookmarking yang saya rekomendasikan:
  1. BlogCatalog
  2. Facebook
  3. Digg
  4. MyBloglog
  5. StumbleUpon
  6. Technorati
  7. Twitter
  8. MySpace
  9. Reddit
Dan Masih banyak lagi social bookmarking yang bisa anda ikuti!


7 komentar:

Unknown on June 14, 2009 at 6:58 PM said...

I like your blog content. I hope we can be friends...

Sincerely,
Felix Albutra - SighNetDollars

Herdiansyah, Firman on June 15, 2009 at 5:35 PM said...

thanks Felix, i hope we can be friends too! i will visit u'r blog soon my friends

bobon on June 16, 2009 at 7:07 AM said...

anda ternyata blogger sejati!

Herdiansyah, Firman on June 16, 2009 at 2:22 PM said...

terima kasih atas komentarnya!

Feri on June 18, 2009 at 9:11 AM said...

infonya keren sob....bisa dicoba nih

wahyu wibawanto on June 25, 2009 at 11:40 AM said...

terima kasih infonya,, buat yang butuh materi ISO, safety, hrd, ohsas, download saja disini gratis iso4manage.blogspot.com

Bellar on August 27, 2009 at 1:16 AM said...

Thanks infonya.
Sampai saat ini saya baru bisa memaksimalkan blogcatalog dan mybloglog buat menjaring traffic. Kayaknya, untuk blog berbahasa Indonesia, cara paling efektif adalah dengan blog walking deh, karena sarana social networking yang masih terbatas.

Post a Comment