Bookmark and Share

Sunday, August 2, 2009

10 Tips Mempromosikan Blog Secara Offline

Mungin sehauh ini anda hanya mempromosikan blog anda secara online (lewat milis, mendaftarkanya ke berbagai direktori, dll) teapi pernahkah terpikir di benak anda untuk mempromosikan blog anda secara offline. walaupun cara ini terbilang kuno, sangat tradisional, dan tidak praktis, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?
Tips kali ini saya ambil dari www.toptenblogtips.com dibawah ini adalah tips-tips yang anda bisa coba:

1. Dari mulut ke mulut, cara ini tergolong sangat efektif dan sangat mudah untuk dilakukan apalagi bila anda tipikal orang yang senang mengobrol dengan teman atau senang bersosialisasi dengan banyak orang! ceritakan hal-hal yang menarik yang pada akhirnya membuat target tertarik dan mengunjungi blog anda.

2. Membuat tulisan pada kolom surat kabar atau majalah. walaupun hal ini tergolong sulit tapi anda bisa bayangkan apabila anda membuat tulisan untuk sebuah surat kabar atau majalah yang dibaca oleh ribuan atau jutaan orang!!!!! untuk tips yang satu ini anda hanya perlu membuat artikel yang berkenaan dengan salah satu posting yang terdapat pada blog anda dan di akhir artikel sisipkan alamat url psting tersebut.

3. Mengikuti berbagai even blogger, karena dengan mengikuti acara atau even tersebut anda bisa bertemu blogger lain untuk saling berbagi informasi dan ide juga membuat pertemanan dan membuat komunitas baru dengan mereka, yang pada akhirnya akan menaikan reputasi blog anda.

4. Membuat grup/ komunitas blog anda sendiri! dengan cara ini diharapkan anda diibiratkan mempunyai sebuah pasukan yang sangat loyal dan akan sering berkunjung ke blog anda! tapi hal ini tidak semudah yang dibicarakan, membuat sebuah grup yang benar-benar aktif harus mempunyai perencanaan yang sangat baik. Contoh grup yang anda buat harus benar-benar memiliki tujuan yang spesifik, dan target anggota yang spesifik juga! dan menurut sumber yang saya baca grup tersebut harus mempunyai sebuah program yang bisa membuat para anggotanya ikut terlibat didalamnya.

5. Menjadi sponsor sebuah event! tips ini hanya bisa dilakukan apabila anda memang benar-benar mempunyai dukungan finansial yang sangat baik entah itu berasal dari pendapatan blog anda sendiri atau lainya. Saya sendiri belum bisa melakukan tips yang satu ini, tapi saya bisa membayangkan apabila logo dari blog saya bisa berkibar di salah satu event walaupun itu hanya sebuah even kecil semacam pensi d semacamnya, selain blog kita semakin dikenal kita juga sebagai blogger akan merasa bangga dan bahagia.... I hope someday......
6. Membuat berbagai merchandise dengan merek blog kita, dengan merchandise-merchandise yang memiliki logo atau semacamnya, selain kita mempromosikan blog kita kita juga bisa mengahsilkan uang dengan menjualnya (sambil menyelam minum air.... he2x), tapi disarankan untuk tahapan awal merchandise-merchandise tersebut anda gunakan sebagaih hadiah kepada pengunjung untuk menarik minat mereka.

7.Melakukan interview di statsiun radio lokal! apabila pada sebuah stasiun radio lokal terdapat sebuah acara yang membahas dunia teknologi informasi dan internet apalagi kalu itu sudah menjurus pada dunia blogging, ini adalah sebuah kesempatan bagus untuk mempromosikan blog anda dengan cara anda menjadi nara sumber atau semacamnya pada acara tersebut! bagai mana cara mempromosikan web anda itu tergantung pada masing-masing individu(terkait dengan kemampuan berbicara anda). selain itu saya tidak bisa memberitahu secara pasti caranya agar anda bisa menjadi nara sumber di acara tersebut (lakukan apa yang diperlukan untuk bisa mewujudkanya, semisal apabila di stasiun radio tersebut terdapat sodara anda bisa melobinya bukan)

8. Iklan, apabila selama ini kita hanya sering beriklan lewat google Addwords dll, sekarang anda bisa mencobanya dengan beriklan di koran, majalah, lewat poster, stiker, pamflet, atau iklan di teve mungkin...... tidak ada salahnya mencoba bukan

nah sekian tips kali ini mudah-mudahan bisa membantu para blogger yang memang benar-benar serius menekuni bidang ini dan ingin membuat blognya bertambah besar skalanya.... bravo blogger Indonesia

6 komentar:

Edwin on August 5, 2009 at 4:34 AM said...

Yup. biasanya kalo sdh asyik di dunia maya sampai lupa kalo punya dunia nyata. Tipsnya bisa dicoba tuh...

MbahDoyok on August 5, 2009 at 1:13 PM said...

bisa dicoba nih, tapi kayaknya rada berat

Herdiansyah, Firman on August 5, 2009 at 1:32 PM said...

selamat mencoba! saya sendiri jujur hanya bisa menggunakan teknik dari mulut ke mulut yang lainya masih menunggu kesempatan!

Unknown on August 8, 2009 at 2:47 AM said...

it is really fantastic formate and layout. find same here http://smilybaby.blogspot.com

Wiryo Saputra on August 8, 2009 at 12:53 PM said...

blognya bagus banget. tipsnya juga ok.makasih ya infonya.tukeran link yuk .link sampean udah tak pasang tuh di blog saya. oh ya ada 72 SMUO gratis

Aryanto AJ on November 15, 2009 at 11:55 PM said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment